Hak Perempuan Dalam Memilih Jodoh

Posted by Lathifatuz Zahroh Senin, 25 Januari 2010, under | 2 komentar




Agama Islam telah memberikan hak kepada kaum perempuan untuk menentukan siapa yang akan jadi teman hidupnya. Baik perempuan itu gadis ataupun janda, sama-sama memiliki hak yang sama untuk menerima atau
menolak pinangan dari orang yang meminangnya.

Ada beberapa hadits yang menerangkan tentang hak-hak kaum wanita dalam menentukan jodohnya.
Sebagaimana Sabda Rasulullah :

" Perempuan-perempuan janda tidak boleh di nikahkan sebelum terlebih dahulu di mintakan persetujuannya, dan anak gadis tidak boleh di nikahkan, hingga lebih dahulu di mintakan izinnya. Kata Mereka : " bagaimana tanda izinnya ? Nabi Menjawab : " Apabila di tanya dia diam saja." (H.R Bukhari dan Muslim)

Dalam Hadits lain juga di jelaskan :

" Sesungguhnya seseorang anak gadis datang kepada rasulullah SAW menceritakan bahwa bapaknya telah menikahkannya, padahal dia tidak suka, maka Nabi menyuruh dia memilih antara menerima atau menolak." (H.R Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah)

Dari kedua hadits tersebut, telah di jelaskan bahwa seorang perempuan baik dia itu janda atau anak gadis tidak boleh semaunya saja di nikahkan oleh walinya tanpa meminta izinnya lebih dulu, mereka tidak berhak sama sekali melakukan nikah paksa. Dengan demikian, maka benarlah bahwa Islam memberikan hak yang sepenuhnya pada kaum perempuan dalam menentukan teman hidupnya, tujuannya adalah supaya mereka dapat membina rumah tangga yang aman dan damai di bawah lindungan Allah SWT.

Akan tetapi, untuk kita para perempuan, walaupun demikian sangatlah diharapkan, jangan kebebasan atau hak yang telah di berikan oleh Islam itu disalahgunakan untuk mencari jodoh yang hanya menurut kemauan nafsu syaitan semata. Dan juga jangan sampai salah pilih, hingga membawa hidup sengsara di dunia dan juga akhirat nantinya.

Maka dari itu, sangat di harapkan untuk para orang tua, para perempuan serta para janda yang akan menikah, hendaknya sebuah pernikahan ada persetujuan dari berbagai pihak. Semoga dengan demikian, akan terbina rumah tangga yang mendapat rahmat dari Allah SWT, serta di karuniakan anak-anak, cucu yang taat serta patuh terhadap perintah Allah. AMIN!






One Response to "Hak Perempuan Dalam Memilih Jodoh"

  1. dodi rahman Says:

    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    bagai mana dengan gw nih T_T

  1. Lathifatuz Zahroh Says:

    kenapa emangnya Dod??