Tips Sehat Dari Rasulullah

Posted by Lathifatuz Zahroh Senin, 30 November 2009, under | 0 komentar
Tidak selamanya hidup sehat itu memerlukan biaya yang mahal. Rasulullah telah mengajarkan pada kita cara hidup yang sehat dengan cara yang sederhana, tepat dan efisien, yaitu:

- Selalu bangun sebelum waktu shubuh.
Rasulullah selalu mengajak umatnya bangun sebelum shubuh. Segarnya udara pagi yang masih murni sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi penderita asma dan TBC. Pikiran juga menjadi lebih tenang dan terbuka sehingga siap untuk melaksanakan aktivitas sepanjang hari.

- Mandi pagi sebelum sholat shubuh
Mandi pagi sebelum sholat shubuh atau sekurang-kurangnya satu jam sebelum matahari terbit, baik juga untuk kesehatan. Karena air dingin yang meresap ke dalam tubuh bisa mengurangkan lemak yang mengumpul. Kita bisa melihat orang yang terbiasa mandi pagi kebanyakan badannya tidak gemuk.

- Tidak makan terlalu banyak
Rasulullah bersabda, “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak” (Muttafaqun Alaih).

Nabi juga pernah menegur agar jangan makan makanan darat di campur dengan makanan laut, seperti makan ikan dengan ayam. Di khawatirkan akan cepat mendapat penyakit. Ini terbukti oleh para saintis yang menemukan ion+ dalam daging ayam dan ion- pada daging ikan.dan apabila kedua ion ini bertemu akan menghasilkan reaksi kimia yang kurang baik untuk usus kita.

Rasulullah juga menganjurkan kita untuk minum segelas air dingin(bukan air es) setiap pagi. Insya allah kita akan susah terkena penyakit.

- Memperbanyak Sholat Sunnah
Setiap gerakan dalam shalat memiliki fungsi khusus seperti layaknya berolahraga. Selain menyehatkan, shalat yang khusyuk juga berfungsi menenangkan dan menjauhkan dari stress.

Waktu sembahyang subuh kita disunahkan juga untuk bertafakur (yaitu sujud sekurang kurangnya satu menit setelah membaca doa). karena dengan sujud mampu menghindari sakit kepala atau migrain. Ini terbukti oleh para saintis yang membuat penelitian kenapa dalam sehari perlu kita sujud. Ahli-ahli sains telah menemui beberapa milimeter ruang udara dalam saluran darah di kepala yg tidak dipenuhi darah. Dengan bersujud maka darah akan mengalir keruang tersebut.

- Aktif menjaga kebersihan
Walaupun berpakaian sederhana, Rasulullah selalu terlihat rapi dan bersih. Rahasianya, beliau selalu rajin membersihkan wajah, bersisir, memotong kuku dan berminyak wangi. Beliau bahkan menyediakan waktu khusus yaitu hari jum’at untuk merawat tubuh.

- Rajin Menyikat gigi
Bersiwak atau menyikat gigi merupakan sunnah Rasulullah. Begitu utamanya fungsi bersiwak ini hingga belau pernah bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku, tentu aku menyuruh mereka bersiwak setiap hendak melakukan shalat” (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah juga bersabda : " Gosok gigi itu membuat bersih mulut, membuat ridha bagi Tuhan." (H.R Nasa'i dan Baihaqi)

- Gemar berjalan kaki
Dalam berbagai hadits disebutkan bahwa Rasulullah gemar bejalan kaki. Entah itu ke masjid, pasar, medan jihad atau mengunjungi rumah sahabatnya. Banyak berjalan kaki membuat keringat lancar mengalir. Pori-pori menjadi terbuka dan peredaran darahpun lancar. Ini sangat penting, mencegah penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

- Tidak Pemarah
Sifat pemarah sangat dibenci oleh Rasulullah. Itu sebabnya nasihat beliau “jangan marah” sampai diulang tiga kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan muslim bukan semata jasadiyah, tetapi pada kebersihan dan kesehatan jiwa. Untuk menghilangkan amarah, Rasulullah memberikan tips. Apabila sedang berdiri cobalah duduk, bila awalnya duduk upayakan berbaring. Atau segera ambillah air wudhu untuk menenangkan semua beban pikiran.

Selamat mencoba...

Thank you Pictures, Images and Photos










One Response to "Tips Sehat Dari Rasulullah"